^Kembali Ke Atas
foto1 foto2 foto3 foto4 foto5

hair saloonSelamat Tahun Baru 2018 : Semoga Makin Guyub dan Rukun :: Sebarkan virus LCS - Love Care & Share- :: Ingat Maret 2018 ada acara : 4th Anniversary of SEFI di SOLO :: Tunggu kabar selanjutnya...

'
'

Serba Serbi Knocking, Detonation, Spark Knock, Pinging

Selayang Pandang dengan Knocking

Anda Sering mendengar istilah dengan Knocking bukan.Atau sering mendengar orang berkata, Coba Ganti Bahan Bakar dengan Pertamax nanti tidak Ngelitik.
Definisi Knocking
Pemilihan Oli yang tepat bisa mencegah Knocking juga Lho

Knocking atau Detonasi ( ada orang yang menyebutnya ngelitik ) Adalah Proses Pembakaran yang tidak semestinya pada ruang bakar biasanya terjadi pembakaran Dini. Seperti yang Kita tahu bahwa Ketika Udara dan Bensin dikompresi oleh gerak langkah Piston Menuju titik TMA, Ternyata Ketika Busi belum memercikan Api Bahan bakar beserta bahan bakar tersebut sudah meledak dahulu. Sehingga ketika mobil anda terjadi knoking pada saat itu mobil akan terasa kehilangan tenaga. Karena Langkah inersia dari Piston akan tertahan oleh ledakan dini Tersebut.

Penyebab Knocking
Servislah secara berkala
Ada berbagai macam penyebab dari knocking diantaranya
- Pemakaian bahan bakar yang bernilai oktan lebih rendah yang seharusnya disyaratkan dari sebuah mesin.
- Ada Kesalahan penyetelan dari Pengapian ( khususnya untuk mobil lama yang masih bertipe Platina dan masih bisa disetel Napor (derajat pengapian).
- Ada Penggerakkan yang luar biasa pada Ruang Bakar. Kita tahu bukan kerak yang ada diruang bakar itu seperti Arang, Ketika Mesin dalam kondisi panas, maka arang tersebut akan membara, ketika membara tentunya ketika mendapat suplay udara dan bahan bakar yang akan ditekan piston tentunya akan terbakar sendirinya bukan.
- Atau dengan Kerak yang tebal maka akan meningkatkan nilai ratio kompresi dari kendaraan anda sehingga knoking akan mudah terjadi.
Mencegah Knocking
Pergunakan Busi sesuai Spesifikasi
Ada beberapa Alternatif untuk mencegah Knocking
- Pakailah Bahan Bakar yang sesuai spesifikasi kendaraan anda.
- Setel kembali mobil anda terutama bila mobil anda masih adjustable pengapiannya.
- Rawat Unit pendinginan mobil/ motor anda sehingga pendinginan menjadi lebih optimal. Mesin dengan pendinginan optimal akan mencegah overheating yang pada gilirinnya akan mencegah knoking juga.
- Pergunakan Busi yang sesuai nilai panasnya dengan kendaraan anda. Ada Salah Kaprah bagi pengguna kendaraan mereka berpikir busi semakin mahal akan semakin baik untuk kendaraannya, Tentunya tidak demikian bukan.
- Pergunakan Olie Mesin sesuai spesifikasi. ( ada beberapa kasus pemakaian olie yang tidak tepat bahkan akan menggangu kinerja mesin secara keseluruhan )
- Jalankan mobil/ motor anda sesuai dengan kesesuaian gigi verneling dan kecepatan kendaraan anda.
- Untuk Unit mengunakan Supercharger atau Turbocharger, Waspadalah pengunaan Boost, Setelan Boost terlalu tinggi akan menyebabkan knocking.

 

SEFI - Suzuki Esteem Family Indonesia